Senin, 09 November 2009

perilaku konsumen BIORE "sabun pembersih muka"

Sampai aku lulus SMA, sekitar tahun 2004, aku tidak tahu product apa yang baik yang dikhususkan untuk pembersih muka. Di masa itu jika ingin membersihkan muka biasanya menggunakan sabun biasa saja, seperti sabun lifeboy yang memang terkenal sebagai sabun kesehatan saat itu.

Keadaan di atas berlangsung cukup lama sampai akhirnya Kao muncul dengan produk fenomenalnya Biore : foam pembersih muka. Aku mulai mengenal pembersih muka sejak SMP. ketika menggunakan Biore Anti Acne yang bersih, kesat, segar dan dingin. Sensasi segar, kesat dan bersih inilah yang membuat pengguna lain merasa perlu memakainya lagi dan bahkan mulai menceritakan kepada saudara, dan teman-temannya, menjadi agen pemasaran suka rela. Jadi untuk membersihkan muka diperlukan produk khusus dan tidak lagi sekedar menggunakan sabun mandi.

Apa yang terjadi berikutnya sudah bisa ditebak, para pesaing mulai bermunculan . seperti Pounds, Citra, Sari Ayu dan sederet lainnya yang sebelumnya memang kita kenal sebagai produsen kosmetik kencantikan/pembersih wajah. Atau ada pula yang benar-benar pemain baru seperti : Clear ‘n Clean, Biokos dan yang sejenisnya. Namun Kao juga cerdik dengan mengeluarkan varian-varian baru untuk segmentasi terarah seperti Biore Man’s khusus untuk lelaki dan Biore Anti-Agne untuk yang punya masalah dengan jerawat.

Ada fenomena menarik untuk urusan bersih-bersih muka ini, Ovale, produk ini tidak berusaha berkonfrontasi dengan foam pembersih muka, namun lebih memilih positioning sendiri walaupun sebenarnya lebih bersinggungan dengan pembersih wajah pada rangkaian perawatan dengan kosmetika yang kita kenal dengan kream pembersih wajah. Walaupun diakui atau tidak foam pembersih wajah juga berkeinginan menyinggung keberadaan kream pembersih wajah yang ada yang kurang praktis ini karena harus tiga langkah perawatan : bersihkan muka dengan cairan pembersih, pakai kream pembersih wajah, bilas dengan cairan pembersih. Ovale menawarkan satu langkah, sama denga foam pembersih wajah, namun yang membedakan yang satu sewaktu mandi dan yang lain setelah mandi...^^

0 komentar:

Poskan Komentar

thanks ya kauwanD dagh mau Bercomment Ria diBlog AKyuuu..... No SPAM . .!!! okayyyhhh......^-^v