Senin, 19 Oktober 2009

Nama : Nur Anisa Eka Utami
Npm : 10207810
Kelas : 3ea01
PERILAKU KONSUMEN

Segmentasi Pasar Produk Susu Berkalsium Tinggi (SBT)

Dengan makin meningkatnya permintaan konsumen terhadap Susu Berkalsium Tinggi (SBT) khususnya dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, maka peluang untuk memasarkan produk ini masih terbuka lebar. Keadaan ini didukung pula oleh suatu kenyataan bahwa pembentukan tulang baik pria maupun wanita akan mengalami titik puncak pada usia 30 tahun. Kemudian setelah usia tersebut, penyerapan tulang akan lebih cepat dari pembentukan tulang baru dan pada akhirnya kepadatan tulang akan menurun. Kondisi ini merupakan kondisi rawan terhadap kerapuhan dan keretakan tulang Untuk itu dalam melakukan pencegahan osteoporosis diperlukan pola makan yang baik yang dapat memberikan asupan jumlah kalsium yang tepat sesuai dengan usianya.

Tujuan konsumen mengkonsumsi SBT adalah untuk mencegah osteoporosis, untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang tinggi seiring dengan bertambahnya usia, untuk memenuhi gizi seimbang, menambah tenaga dan untuk mengobati osteoporosis. Dan konsumen yang berusia antara 41 - 50 tahun memiliki tujuan yang lebih dominan pada tujuan untuk mengobati osteoprosis. Sedangkan pertimbangan utama konsumen dalam mengkonsumsi SBT merek tertentu didasari oleh harga, kemudahan untuk diperoleh, rasa dan kandungan kalsium yang tepat.

Beberapa merek SBT menunjukkan bahwa Anlene merupakan merek SBT yang menempati urutan pertama baik untuk merek yang paling sering dikonsumsi. berikutnya berturut - turut ditempati oleh SBT merek Produgen, Calcimex, Stefit dan Calciskim. Sedangkan faktor - faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi lebih dari satu merek SBT disebabkan oleh keinginan konsumen untuk mencoba - coba, dipengaruhi oleh teman, saudara atau Sales Promotion Girl/SPG, serta keadaan di mana merek yang biasa dibeli tidak tersedia. Dan biasanya rasa susu yang paling banyak disukai konsumen adalah susu dengan rasa coklat.

Untuk itu implikasi pemasaran yang dapat menjadi strategi dalam menigkatkan penjualan adalah dengan melakukan edukasi akan pentingnya kesehatan tulang dalam mencegah osteoporosis dan memberikan informasi bahwa peluang terjadinya osteoporosis tidak hanya terjadi pada wanita saja akan tetapi juga pada pria, penetapan harga yang optimal yang disesuaikan dengan buying power untuk tiap - tiap segmen, memperbaiki jalur distribusi khususnya ke supermarket dan mengkomunikasikan secara intensif manfaat produk melalui media TV dan SPG dengan memberikan clinical study dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk SBT. Promosi yang dapat dilakukan adalah melakukan pengukuran massa tulang sehingga memberikan kesadaran kepada calon konsumen akan kebutuhan kalsium untuk mencegah dan mengobati osteoporosis.

Analysis on Consumer Behavior and Market Segmentation for High - Calcium Milk Product
Master Theses from MBIPB / 2008-12-30 16:09:34
Oleh : Susanti, MB-IPB
Dibuat : 2008-12-30, dengan 8 file

Keyword : Susu Berkalsium Tinggi, DKI Jakarta, Perilaku Konsumen, Segmentasi Psikografi, Analisis Deskriptif, Tabulasi Silang, Uji Cochran, Thurstone, Conjoint, Pemasaran.
Subjek : MANAJEMEN PEMASARAN
Nomor Panggil (DDC) : 16(E18) Sus a
RINGKASAN EKSEKUTIF

SUSANTI, 2005. Analisis Perilaku Konsumen dan Segmentasi Pasar Produk Susu Berkalsium Tinggi. Dibawah bimbingan Ujang Sumarwan dan Kirbrandoko
http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=mbipb-12312421421421412-susanti-741

0 komentar:

Poskan Komentar

thanks ya kauwanD dagh mau Bercomment Ria diBlog AKyuuu..... No SPAM . .!!! okayyyhhh......^-^v