Rabu, 07 Oktober 2009

Tugas individu analisis jurnal ke-2 (nur anisa eka utami 3ea01 10207810)

Nama : Nur Anisa Eka Utami
Npm : 10207810
Kelas : 3EA01
ANALISIS JURNAL
HUBUNGAN EFISIENSI OPERASIONAL DENGAN KINERJA
PROFITABILITAS PADA SEKTOR PERBANKAN YANG GO
PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA
Oleh : Yuliani
I. Masalah dan Latar Belakang
Pembangunan nasional suatu bangsa mencakup di dalamnya pembangunan ekonomi. Dalam pembangunan ekonomi diperlukan peran serta lembaga keuangan untuk membiayai, karena pembangunan sangat memerlukan tersedianya dana. Oleh karena itu,keberadaan lembaga keuangan dalam pembiayaan pembangunan sangat diperlukan. Lembaga keuangan yang terlibat dalam suatu pembiayaan pembangunan ekonomi dibagi dua yaitu lembaga keuangan bank (bank) dan lembaga keuangan nonbank (LKBB).Penelitian ini mengkaji bagaimana hubungan antara tingkat efisiensi operasional terhadap kinerja profitabilitas untuk perusahaan perbankan go
public di Indonesia?
II. Tujuan
Penelitian ini secara khusus akan menelaah lebih dalam mengenai:
1. Mengukur hubungan antara tingkat efisiensi operasional terhadap kinerja profitabilitas perbankan di BEJ.
2. Menjelaskan tingkat efisiensi operasional sehingga memberikan informasi hubungan terhadap kinerja profitabilitas perbankan di BEJ.
III. Metodologi
Dasar penelitian ini dengan menggunakan Desain Penellitian, Populasi, Sampel, Besar Sampel dan Teknik Pengambilan Sampel, Variabel Penelitan, definisi operasional dan pengukuran. Variabel lain dalam penelitian ini adalah Variabel Independen yaitu : MSDN, CAR, BOPO dan LDR. Untuk mengukur efisiensi tersebut digunakan analisis rasio keuangan perbankan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Statistical Package for Social Science (SPSS) Ver 12,0 for Windows. Penelitian ini menggunakan metode regresi time-series cross-section (pooled regression). Mengingat ketersediaan data, maka model Williams, Molyneux and Thomton diatas dimodifikasi menjadi:
Y = + 1X1it+2X2it+3X3it +...+it
ROAit= + 1MSDN1it+2BOPO2it+3CAR3it++4LDR4it it
Dimana : Y: ROA; X1:MSDN; X2:BOPO; X3:CAR; X4:LDR;
:Konstanta 1, 2, 3, 4: parameter : faktor pengganggu i: menunjukkan suatu perusahaan tertentu dan t: menunjukkan tahun/periode tertentu.
IV. Hasil
MSDN merupakan pangsa pasar yang mampu dikuasai oleh masing-masing bank terhadap dana dari masyarakat. Hal ini diartikan semakin besar jumlah MSDN berarti bank tertentu dapat dikatakan sangat bagus tingkat kepercayaan dari masyarakat. Berdasarkan hasil statistik deskriptif dari sampel penelitian perbankan menunjukkan rata2 MSDN 13,73%,BOPO 89,51%,CAR 20,20% dan LDR 62,97%.Secara keseluruhan diatas rata2 MSDN yang mampu dicapai selama periode pengamatan dari tahun 2004-2006 mengalami fluktuasi. 9,27% (2004) meningkat menjadi 18,27% (2005) dan turun menjadi 13,36% (2006)Sehingga rata-rata MSDN dari seluruh sample penelitian selama 2004-2006 sebesar 13,73%.

1 komentar:

Nur Anisa E.U 3ea01 OnLiNe mengatakan...

nilai = 80

Poskan Komentar

thanks ya kauwanD dagh mau Bercomment Ria diBlog AKyuuu..... No SPAM . .!!! okayyyhhh......^-^v