Rabu, 23 September 2009

Tugas Kelompok Rangkuman Analisis Metode Riset

TUGAS METODE RISET

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan

Penggunaan Sistem Informasi

Rini Handayani

Staf Pengajar STIE Atma Bhakti Surakarta

Email : candipram@yahoo.com

Disusun oleh :

· Finna Puspa Kencana Sari (10207468)

· Nur Anisa Eka Utami (10207810)

· Raka Fitriayu Perdani (10207882)

·

UNIVERSITAS GUNADARMA

2009

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan

Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi

Penggunaan sistem informasi telah diimplementasikan di banyak perusahaan dengan biaya yangg besar, namun penggunaan yang masih rendah terhadap Sistem informasi secara continous.

Penelitian menggunakan model yang telah diteliti, teknologi acceptance model (TAM ). Tujuan model ini adalah untuk dapat menjelaskan factor-faktor utama dan perilaku pengguna teknologi informasi terhadap penerimaan penggunaan teknologi informasi itu sendiri. Model ini akan menggambarkan bahwa penggunaan SI akan dipengaruhi oleh variable pemanfaatan (USEFULLNESS) dan Variable pemudahan pemakaian (EASE OFF USE)

Perceived usefulness didenifisikan sebagai tingkat keyakinan individu bahwa penggunaan SI tertentu akan meningkatkan kinerjanya. Konsep ini menggambarkan manfaat system bagi pemakainya yg berkaitan dengan produktivitas, kinerja kerja, efektifitas, pentingnya suatu tugas dan overall usefulness. Sementara perceived ease off use didenifisikan sebagai tingkat dimana seseorang meyakini bahwa penggunaan SI merupakan hal yang mudah dan tidak memerlukan usaha keras dari pemakainya

Ekspektasi kinerja didenifisikan sebagai tingkat dimana seorang individu meyakini bahwa dengan menggunakan sistem akan membantu dalam menningkatkan kinerjanya. H1 : ekspektasi kinenja mempunyai pengaruh positif signuifikan terhadap minat pemanfaatan SI

Ekspektasi usaha merupakan tingkat kemudahan penggunaan system yang akan dapat mengurangi tenaga dan waktu individu dalam melakukan pekerjaannya. Maka dirumuskan hipotesis kedua sebagai berikut

H2 : ekspektasi usaha mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI.

Faktor sosial menurut Moore dan benbasat (1991) menyatakan bahwa pada lingkungan tertentu, penggunaan SI akan meningkatkan status seseorang dalam system social. Maka dirumuskan hipotesis ke-3 adalah

H3 : factor social mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI

Kondisi yang memfasilitasi penggunaan SI menurut Schultz dan slevien (1975) menemukan bukti empiris bahwa komdisi-kondisi yang mendukung pemanfaatan SI merupakan salah satu factor yang mempengaruhi pemanfaatan SI. Maka dirumuskan hipotesis ke-4 sebagai berikut :

H4 : kondisi-kondisi yag memfasilitasi pemakai mempunyai pengaruh posittif signnifikan terhadap penggunaan system informasi.

Davis et al (1989) mengemukakan bahwa adanya manfaat yang dirasakan oleh pemakai SI akan meningkatkan minat mereka untuk menggunakan SI.

H5 : minat pemanfaatan system informasi mempunyai pengaruh positiif signifikan terhadap penggunaan system informasi.

Desain penelitian ini adalah survey. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebagaimana tampak pada model penelitian terdiri dari lima variable independent yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, factor social, minat pemanfaatan SI, kondisi yang menfasilitasi pemanfaatan SI dan dua variable dependen yaitu penggunaan SI dan minat pemanfaatan SI. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dari penelitian ini adalah industri manufaktur yang terdaftar di bursa efek Jakarta.

Berikut adalah pengumpulan data dari kuesioner yang telah dibagikan


Milis yang dikirim 300

Kuesioner yang kembali 83

Kuesioner yang tidak kembali/ tidak lengkap 217

Kuesioner digunakan untuk anlisa 60

Respon rate 20


Berikut ini adalah profil responden

Deskripsi Jumlah Persentase


Jenis kelamin :

- Pria 27 62%

- Wanita 23 38%


Umur :

- < style=""> 8 13%

- 26 – 35 tahun 20 33%

- 36 – 45 tahun 26 44%

- 46 – 55 tahun 4 7%

- > 5 tahun 3 3%


Pendidikan :

- D3 13 22%

- S1 39 64%

- S2 4 7%

- Lainnya 4 7%


Masa kerja :

- < style=""> 23 46%

- 6 – 10 tahun 12 20%

- 11 – 15 tahun 16 27%

- 16 – 20 tahun 4 7%

Hasil pengujian validitas menunjukkan bahwa korelasi antara masing-masing skor butir pertanyaan terhadap total skor variable menunjukkan hasil yang sigifikan (pada level 0.05). jadi dapat disimpulkan bahwa masing-masing butir pertanyaan pada variable konstruk penelitian adalah valid.

Hasil reliabilitas variable penelitian adalah nilai cronbach alpha masing-masing instrument adalah lebih dari 0.6 yang mengisyaratkan bahwa data yg dikumpulkan dengan menggunakan instrument tersebut reliable .

Hasil uji autokorelasi pada regresi I menunjukan nilai du <>u yang berarti tidak terdapat auto korelasi. Pada regresi II menunjukan nilai 0 <>L yang berarti tidak ada autokorelasi positif.

Hasil uji multikolinieritas menunjukkan tidak satupun variable bebas yang memiliki nilai VIF <> 0,1 sehingga disimpulkan bahwa tidak ada multikolinearitas antar variable bebas dalam model regresi ini.

Persamaan regresi linier berganda berdasarkan pada minat pemanfaatan system informasi yaitu :

Y1=0,255X1+0,279X2+0,211X3+c

Model persamaan regresi linier berganda berdasarkan penggunaan system informasi yaitu

Y2=0,073Y1+0,578X4+e

pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis antara satu variable independent dengan variable dependen lainnya dan tingkat probabilitas signifikansi yang digunakan adalah 0,05

Berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh disimpulkan bahwa :

Hipotesis 1 menyatakan bahwa ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI

Hipotesis 2 menyatakan bahwa ekspektasi usaha mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap pemanfaatan SI

Hipotesis 3 menyatakan bahwa factor social mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI

Hpotesis 4 menyatakan bahwa kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penggunaan SI

Hipotesis 5 menyatakan bahwa minat pemanfaata SI mempunyai pengaruh positif terhadap penggunaan SI

penellitian tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi dari perkembangan SI akuntansi dan menejemen bagi perusahaan Indonesia untuk menguji factor instrinsik pemakaian SI sebagai variable yang memoderasi hubungan antara variable dependen dan independent.

1 komentar:

Nur Anisa E.U 3ea01 OnLiNe mengatakan...

nilai = 80

Poskan Komentar

thanks ya kauwanD dagh mau Bercomment Ria diBlog AKyuuu..... No SPAM . .!!! okayyyhhh......^-^v