Senin, 14 September 2009

Analisis Jurnal Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat pemnfaatan sistem informasi dan penggunaan sistem informasi oleh Rini Handayani

Nama : Nur Anisa Eka Utami
Npm : 10207810
Kelas : 3EA01

I. Masalah dan Latar Belakang

Kelangsungan hidup perusahaan sangat dipengaruhi oleh kemampuan bersaing dipasar. Kemampuan bersaing memerlukan strategi yang dapat memanfaatkan semua kekuatan peluang yang ada, serta menutup kelemahan dan menetralisasi hambatan strategi dalam dinamika bisnis yang dihadapi. Semua itu dapat dilakukan apabila manajemen melakukan pengabilan keputusan yang didasarkan pada informasi yang berkualitas.

II. Tujuan

Untuk menguji faktor-faktor yng mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi dan penggunaan sistem informasi dengan menguji model yang ditunjukkan oleh Vankatesh et al. (2003), Vankatesh dan Davis (2000), Thompson et al. (1991), Taylor and Todd (1995), Compeau dan Higgins (1995), Davis et al (1989)

III. Metodologi

Dasar penelitian ini adalah survey, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan faktor sosial terhadap minat pemanfaatan SI. Variable yang digunakan yaitu variable dependen dan independen. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Populasi dari penelitian ini adalah industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.
Persamaan Regresi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

Y1 = β1X1 + β2X2 + β3X3 + ε

Y2 = β4Y1 + β5X4 + ε

Keterangan :

Y1 : Minat pemanfaatan SI

Y2 : Penggunaan SI

X1 : Ekspektasi Kinerja

X2 : Ekspektasi Usaha

X3 : Faktor Sosial

X4 : Kondisi-Kondisi yang memfasilitasi pemakai

β : Koefisien Regresi

ε : Error


IV. Hasil

Berdasarkan bukti-bukti empiris didapatkan hasil bahwa :

1. Ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI artinya responden yakin bahwa dengan menggunakan system akan membantu dalam meningkatkan kinerjanya.
2. Variable ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI, berarti responden akan memanfaatkan SI apabila mereka mearasa bahwa SI tersebut mudah dan tidak memerlukan upaya (tenaga&waktu)
3. Faktor sosial berpengaruh positif tetapi pengaruh terebut tidak signifikan terhadap minat pemanfaatan SI
4. Kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SI.
5. Minat pemanfaatan SI berpengaruh Positif tetapi tidak signifikan terhadap penggunaan SI, artinya bukti menunjukkan bahwa responden kurang mempunyai niat atau minat untuk memanfaatkan system yang ada dalam perusahaan maka penggunaan system tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

1 komentar:

Nur Anisa E.U 3ea01 OnLiNe mengatakan...

nilai = 85

Poskan Komentar

thanks ya kauwanD dagh mau Bercomment Ria diBlog AKyuuu..... No SPAM . .!!! okayyyhhh......^-^v